[Foto] Pesona Air Terjun Bayang Sani





Di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, terdapat sebuah air terjun yang memesona. Air terjun Bayang Sani, namanya. Air terjun ini terletak di kampung Koto Baru kecamatan Bayang. Air terjun Bayang Sani terdiri dari beberapa tingkat,menurut penduduk sekitar ada sekitar lima buah air terjun.Tetapi yang dapat dijangkau hanya sampai pada air terjun tingkat kedua.

Air terjun tingkat pertama memiliki ketinggian hampir 80 meter. Ada tiga cabang air terjun yang mengalir di batu-batu cadas. Dari kejauhan, air terjun ini menyerupai ekor kuda. Dibawah air terjun ini ada lubuk yang telah dibuatkan kolamnya untuk tempat mandi-mandi. Air terjun tingkat pertama ini banyak dikunjungi wisatawan.

Air terjun Bayang Sani tingkat kedua adalah sebuah air terjun yang terletak kira-kira 400 meter di atas air terjun Bayang Sani tingkat pertama. Untuk sampai di air terjun tingkat kedua ini wisatawan harus berjalan kaki mendaki bukit yang terletak di samping air terjun bayang sani tingkat pertama sejauh lebih kurang 400 meter. Ketinggian air terjun tingkat kedua ini mencapai 25 meter.

Objek wisata ini berjarak 60 km dari kota Padang dan 20 km dari kota Painan dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam dan bisa ditempuh dengan kendaraan dua dan empat, serta sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak 500 m dari pinggir jalan. Jika berkunjung ke Pesisir Selatan, nikmatilah pesona air terjun Bayang Sani.

Subscribe to receive free email updates: