Mendaki di Gunung Talang (Kabupaten Solok)

Sedikit tentang Gunung Talang :


Gunung Talang (nama lainnya Salasi atau Sulasi) merupakan gunung berapi yang terletak terletak di Kabupaten Solok provinsi Sumatera Barat, Indonesia

Gunung Talang berlokasi sekitar 9 km dari Arosuka, Ibukota Kabupaten Solok, dengan jarak sekitar 40 km sebelah timur Kota Padang

Gunung ini bertipe stratovulcano dengan ketinggian 2.597 m, merupakan salah satu dari gunung api aktif di Sumatera Barat, dan salah satu kawahnya menjadi sebuah danau yang disebut dengan Danau Talang, Gunung Talang sudah pernah meletus sejak tahun 1833 sampai dengan tahun 2007, letusan terparah dalam 10 tahun terakhir terjadi pada 11 April 2005. Letusan Gunung Talang seringkali berhubungan dengan kejadian gempa di Sumatera Barat.

Dibanding Gunung Merapi dan Singgalang, Gunung Talang termasuk yang jarang didaki, ini dikarenakan sulitnya transportasi menuju ke desa awal pendakian, Desa Batu Barjanjang. Desa ini dapat dicapai dari arah Kota solok dengan menggunakan Angkutan desa menuju Bukit Sileh dan hanya sampai desa Jorong Pasar, setelah itu bisa dilanjutkan dengan ojek atau jalan kaki kalo kuat ke Batu Barjanjang, Kampung bawah gunung. 

Sampai dipuncak satu Subhanallah.begitu indah negeri ini.View danau diatas, danau dibawah dan danau Talang, serta bayang-bayang Danau Singkarak, Gunung Kerinci, Gunung Tujuh diselatan, Gunung Merapi-Singgalang di utara.

Kerinci di Kejauhan




peta dari google earth




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mendaki di Gunung Talang (Kabupaten Solok)"

Post a Comment