Minang Saisuak #155 - Raadhuis van gouvernement di Padang

Banyak bangunan peninggalan kolonial di Padang yang kurang terpelihara lagi. Bangunan-bangunan itu ditinggalkan dalam keadaan yang merana. Dalam bulan-bulan terakhir ini kita mendengar Kantor Balaikota Padang yang lama juga tidak akan dipakai lagi karena administrasi Pemerintahan Kota Padang sudah pindah ke kantor yang baru di Padang Bypass. Tentu kita berharap Kantor Balaikota Padang yang lama itu tidak akan ditelantarkan pula. Kita juga berharap agar bangunan yang menjadi salah satu landmark kota Padang itu tidak akan dirobohkan atau ditukar guling dengan bangunan lain yang lebih modern.

Raadhuis van gouvernement di Padang

Rubrik Minang Saisuak kali ini menurunkan foto kantor Pemerintah Provinsi Sumatra Barat. Judul asli foto ini adalah “Raadhuis van het Gouvernement van Sumatra’s Westkust te Padang”. Foto ini dibuat sekitar tahun 1927 oleh fotografer J.B.H. Loodt Liantar. Foto hitam putih ini semula tersimpan dalam arsip foto Elsevier di Belanda.

Foto ini memperlihatkan gaya bangunan kolonial yang mempunyai pintu dan jendela yang besar-besar. Interiornya biasanya mempunyai loteng yang tinggi.Di bagian atas biasanya terdapat lubang-lubang angin yang sengaja dibuat untuk mengalirkan udara ke dalam gedung. Dengan demikian, hawa di dalam gedung terasa adem karena sirkulasi udara ke dalam gedung berjalan lancar. Mungkin ini didisain untuk membuat suasana di dalam gedung tidak jadi panas dan sumpek, sebab bagi orang Belanda suhu Indonesia dirasa sangat panas.
 
 
sumber:
Suryadi - Leiden, Belanda. (Sumber foto: http://www.gahetna.nl/) | Singgalang, Minggu, 20 April 2014

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Minang Saisuak #155 - Raadhuis van gouvernement di Padang"

Post a Comment