Saluang Sirompak ( Cinta Ditolak Sirompak Bertindak )

Basirompak merupakan budaya nagari Taeh Baruah yang disahkan masyarakatnya. Basirompak berasal dari kata dobrak, rampok, mengambil secara paksa, yang artinya memaksa batin seseorang sesuai dengan keinginan orang yang melakukannya, dengan bantuan kekuatan gaib.

Ini merupakan suatu bentuk upacara ritual magis yang dilakukan oleh seorang pawang sirompak dengan tujuan menaklukkan hati seorang perempuan yang telah menghina seorang laki-laki. Seperti santet, pelet dan sebagainya. Tidak dapat dipungkiri bahwa basirompak sebagai aktivitas ritual magis pada akhirnya kurang disukai oleh sebagian masyarakat di nagari Taeh Baruah kecamatan Payakumbuh. Hal itu disebabkan oleh fungsi serta akibat yang ditimbulkan oleh aktivitas tersebut. Banyak perempuan yang menolak cinta seorang pemuda, tidak saja berbalik tergila-gila, tetapi juga benar-benar menjadi gila. Terdengarnya seperti ritual voodoo memang.


Kegiatan basirompak ini dilaksanakan di tujuh tanjung yang terdapat di nagari Taeh Baruah. Sebelum melakukan upacara, pihak yang meminta penyelenggaraan upacara terlebih dahulu harus menyiapkan pambaokan (sesajian) berupa nasi kuniang, bareh rondang bungo pangia-pangia, kemenyan, serta salah satu unsur yang ada pada diri perempuan yang dituju seperti rambut, kuku, bagian dari pakaian, foto, dan lain sebagainya.

Dengan kelengkapan tersebut, pawang sirompak melaksanakan tugasnya. Masing-masing tanjung didatangi lalu tukang sirompak menyiapkan sesajian dan membakar kemenyan, kemudian mendendangkan mantra-mantranya. Hal ini dilakukan berturut-turut di ke tujuh tanjung tersebut.

Keberadaan tukang sirompak pada saat itu menjadi tumpuan para pemuda yang ditolak cintanya, sebagai kelanjutan dari legenda si babau. Mereka diperkirakan masih melakukan aktivitas ritual magis basirompak secara legal sampai tahun 1950an. Bahkan tahun 2000an pun, praktik itu masih berjalan walau diselenggarakan secara sembunyi-sembunyi.

Sejak perkembangan Islam di Minangkabau yang pada awal abad ke-14 dan secara luas menjadi agama mayoritas, maka masyarakat mulai berpegang dan berpedoman kepada ajaran-ajaran Islam dalam menjalani hidup keseharian. Hal-hal yang lazim oleh masyarakat, seperti kegiatan menyabung ayam, praktik-praktik yang menyertakan unsur-unsur animisne, dan berbagai unsur kebudayaan Minangkabau lama lainnya yang dirasa bertentangan dengan ajaran Islam mulai ditinggalkan, termasuk basirompak sebagai aktivitas ritual magis, yang tata cara penyajian dan tujuannya didasarkan pada kepercayaan terhadap kekuatan magis.

Kondisi ini karena ajaran Islam mengharamkan kegiatan yang didasarkan pada kekuatan magis atau kekuatan-kekuatan lainnya yang berasal dari roh-roh nenek moyang, dewa-dewa dan lain-lain. Basirompak sebagai aktivitas budaya yang memiliki kandungan musikal, berada pada posisi sulit untuk berkembang dalam kehidupan masyarakat moderen.

Sejak awal tahun 1970an aktivitas basirompak diperkirakan mulai hadir ke dalam bentuk sebuah seni pertunjukan yang berorientasi hiburan. Tentu saja dari segi isi dan bentuk penyajiannya disesuaikan dengan kebutuhan sebuah pertunjukan yang bersifat hiburan. Misalnya, aktivitas ritual magis basirompak yang biasanya diselenggarakan di tempat-tempat yang sepi. Kini, untuk kepentingan hiburan tentu harus mencari keramaian. Mulailah disediakan sarana dan prasarana yang memadai, umpamanya diselenggarakan pada pesta-pesta perkawinan, atau pesta-pesta yang diadakan anak nagari dalam rangka menyambut hari besar keagamaan atau hari-hari besar nasional.

Kehadiran kesenian basirompak ini tidak terlepas dari peranan Murni Jamal yang pada tahun 1977 memperkenalkan aktivitas basirompak ke dunia luar, yaitu ke ASKI yang sekarang dikenal dengan STSI padangpanjang. Pada saat itu basirompak dihadirkan sebagai sebuah bentuk seni pertunjukan musik tradisional milik masyarakat nagari Taeh Baruah, yaitu sebuah pertunjukan musik tradisional yang dimainkan oleh seorang peniup saluang sirompak dan dua orang tukang dendang.

Aktivitas basirompak adalah seni pertunjukan yang ikut memperkaya khazanah musik tradisional Minangkabau pada umumnya dan khususnya musik tradisional yang dimiliki oleh masyarakat di nagari Taeh Baruah.


Syair Lagunya :

Iko lagu basirompak yo Diak
Danga dek Kanduang, ko lagunyo taciok oi
Indaknyo candu nan tak lapeh ko Diak
Carai jo gubuak, hati den ibo … Diak oi

Nan di sawah, tumbuahnyo ganjo
Lah sampai ka subaliak
Bajaguang pulo di hulunyo

Ko lah panek denai manjago
Kini tasingguang baliak
Luko nan dahulunyo ko Diak oi

Pandai bana Kanduang baparak ko Diak oi
Nan baparak di pandakian Diak oi
Pandai bana Kanduang diagak ko Diak
Di nan lanyah, den batinggakan … ko Diak oi

Alah ka pasa urang palakuik
Ka pulang, hari lah sanjo
Langkah tadorong, lah ganjua suruik
Sayang tadorong, mambaok seso Diak oi

Kapalang basah, kok nak mandi Diak
Pado bamain aia sajo Adiak oi
Co iko Diak, manangguang diri
Danga dek Kanduang, ka balehnyo … Diak oi

Ulah udang mangulampai
Nan baranak sambilan ikua, oh Diak oi
Mangalombanglah kau lantai
Satantang Adiak den tidua

Anak angin, si rajo angin
Nan hinggok di kayu mati, oh Diak oi
Bapasan den ka bakeh angin
Jagokan Adiak nan lalok kini

Nan bapasan den sakali ko
Nan kok lalok tolong jagokan Diak oi
Nan kok duduak tolong tagakkan
Suruah bajalan inyo kini

Simambang hitam jo simambang kuniang
Nan diam di pamatang buntuang Diak oi
Kapalo den batambah paniang Diak oi
Sabalun batamu jo Diak Kanduang … Diak oi

Limau puruik bakaruik-karuik
Indak sarancak limau gadang
Kok jauah, tolong lah turuik
Iko hati den mako sanang

Sulik bana tanduak tak nak runciang ko Diak oi
Jo apo musuah ka den hadang
Urang kampuang oi …

Tangah malam Diak, mamanjek dindiang
Rasoan sijundai nan ka datang … ko Diak oi




sumber: 
http://akumassa.org/program/padang-panjang-sumatera-barat/cinta-ditolak-basirompak-bertindak/
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010583026/saluang-sirompak-kesenian-minang-nan-dakek-jo-unsur-mistis/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saluang Sirompak ( Cinta Ditolak Sirompak Bertindak )"

Post a Comment