Basirompak merupakan budaya nagari Taeh
Baruah yang disahkan masyarakatnya. Basirompak berasal dari kata dobrak,
rampok, mengambil secara paksa, yang artinya memaksa batin seseorang
sesuai dengan keinginan orang yang melakukannya, dengan bantuan kekuatan
gaib.
Ini merupakan suatu bentuk upacara
ritual magis yang dilakukan oleh seorang pawang sirompak dengan tujuan
menaklukkan hati seorang perempuan yang telah menghina seorang
laki-laki. Seperti santet, pelet dan sebagainya. Tidak dapat dipungkiri
bahwa basirompak sebagai aktivitas ritual magis pada akhirnya kurang
disukai oleh sebagian masyarakat di nagari Taeh Baruah kecamatan
Payakumbuh. Hal itu disebabkan oleh fungsi serta akibat yang ditimbulkan
oleh aktivitas tersebut. Banyak perempuan yang menolak cinta seorang
pemuda, tidak saja berbalik tergila-gila, tetapi juga benar-benar
menjadi gila. Terdengarnya seperti ritual voodoo memang.
Kegiatan basirompak ini dilaksanakan di
tujuh tanjung yang terdapat di nagari Taeh Baruah. Sebelum melakukan
upacara, pihak yang meminta penyelenggaraan upacara terlebih dahulu
harus menyiapkan pambaokan (sesajian) berupa nasi kuniang, bareh rondang bungo pangia-pangia,
kemenyan, serta salah satu unsur yang ada pada diri perempuan yang
dituju seperti rambut, kuku, bagian dari pakaian, foto, dan lain
sebagainya.
Dengan kelengkapan tersebut, pawang
sirompak melaksanakan tugasnya. Masing-masing tanjung didatangi lalu
tukang sirompak menyiapkan sesajian dan membakar kemenyan, kemudian
mendendangkan mantra-mantranya. Hal ini dilakukan berturut-turut di ke
tujuh tanjung tersebut.
Keberadaan tukang sirompak pada saat itu
menjadi tumpuan para pemuda yang ditolak cintanya, sebagai kelanjutan
dari legenda si babau. Mereka diperkirakan masih melakukan aktivitas
ritual magis basirompak secara legal sampai tahun 1950an. Bahkan tahun
2000an pun, praktik itu masih berjalan walau diselenggarakan secara
sembunyi-sembunyi.
Sejak perkembangan Islam di Minangkabau
yang pada awal abad ke-14 dan secara luas menjadi agama mayoritas, maka
masyarakat mulai berpegang dan berpedoman kepada ajaran-ajaran Islam
dalam menjalani hidup keseharian. Hal-hal yang lazim oleh masyarakat,
seperti kegiatan menyabung ayam, praktik-praktik yang menyertakan
unsur-unsur animisne, dan berbagai unsur kebudayaan Minangkabau lama
lainnya yang dirasa bertentangan dengan ajaran Islam mulai ditinggalkan,
termasuk basirompak sebagai aktivitas ritual magis, yang tata cara
penyajian dan tujuannya didasarkan pada kepercayaan terhadap kekuatan
magis.
Kondisi ini karena ajaran Islam
mengharamkan kegiatan yang didasarkan pada kekuatan magis atau
kekuatan-kekuatan lainnya yang berasal dari roh-roh nenek moyang,
dewa-dewa dan lain-lain. Basirompak sebagai aktivitas budaya yang
memiliki kandungan musikal, berada pada posisi sulit untuk berkembang
dalam kehidupan masyarakat moderen.
Sejak awal tahun 1970an aktivitas
basirompak diperkirakan mulai hadir ke dalam bentuk sebuah seni
pertunjukan yang berorientasi hiburan. Tentu saja dari segi isi dan
bentuk penyajiannya disesuaikan dengan kebutuhan sebuah pertunjukan yang
bersifat hiburan. Misalnya, aktivitas ritual magis basirompak yang
biasanya diselenggarakan di tempat-tempat yang sepi. Kini, untuk
kepentingan hiburan tentu harus mencari keramaian. Mulailah disediakan
sarana dan prasarana yang memadai, umpamanya diselenggarakan pada
pesta-pesta perkawinan, atau pesta-pesta yang diadakan anak nagari dalam
rangka menyambut hari besar keagamaan atau hari-hari besar nasional.
Kehadiran kesenian basirompak ini tidak
terlepas dari peranan Murni Jamal yang pada tahun 1977 memperkenalkan
aktivitas basirompak ke dunia luar, yaitu ke ASKI yang sekarang dikenal
dengan STSI padangpanjang. Pada saat itu basirompak dihadirkan sebagai
sebuah bentuk seni pertunjukan musik tradisional milik masyarakat nagari
Taeh Baruah, yaitu sebuah pertunjukan musik tradisional yang dimainkan
oleh seorang peniup saluang sirompak dan dua orang tukang dendang.
Aktivitas basirompak adalah seni
pertunjukan yang ikut memperkaya khazanah musik tradisional Minangkabau
pada umumnya dan khususnya musik tradisional yang dimiliki oleh
masyarakat di nagari Taeh Baruah.
Syair Lagunya :
Danga dek Kanduang, ko lagunyo taciok oi
Indaknyo candu nan tak lapeh ko Diak
Carai jo gubuak, hati den ibo Diak oi
Nan di sawah, tumbuahnyo ganjo
Lah sampai ka subaliak
Bajaguang pulo di hulunyo
Ko lah panek denai manjago
Kini tasingguang baliak
Luko nan dahulunyo ko Diak oi
Pandai bana Kanduang baparak ko Diak oi
Nan baparak di pandakian Diak oi
Pandai bana Kanduang diagak ko Diak
Di nan lanyah, den batinggakan ko Diak oi
Alah ka pasa urang palakuik
Ka pulang, hari lah sanjo
Langkah tadorong, lah ganjua suruik
Sayang tadorong, mambaok seso Diak oi
Kapalang basah, kok nak mandi Diak
Pado bamain aia sajo Adiak oi
Co iko Diak, manangguang diri
Danga dek Kanduang, ka balehnyo Diak oi
Ulah udang mangulampai
Nan baranak sambilan ikua, oh Diak oi
Mangalombanglah kau lantai
Satantang Adiak den tidua
Anak angin, si rajo angin
Nan hinggok di kayu mati, oh Diak oi
Bapasan den ka bakeh angin
Jagokan Adiak nan lalok kini
Nan bapasan den sakali ko
Nan kok lalok tolong jagokan Diak oi
Nan kok duduak tolong tagakkan
Suruah bajalan inyo kini
Simambang hitam jo simambang kuniang
Nan diam di pamatang buntuang Diak oi
Kapalo den batambah paniang Diak oi
Sabalun batamu jo Diak Kanduang Diak oi
Limau puruik bakaruik-karuik
Indak sarancak limau gadang
Kok jauah, tolong lah turuik
Iko hati den mako sanang
Sulik bana tanduak tak nak runciang ko Diak oi
Jo apo musuah ka den hadang
Urang kampuang oi
Tangah malam Diak, mamanjek dindiang
Rasoan sijundai nan ka datang ko Diak oi
sumber:
http://akumassa.org/program/padang-panjang-sumatera-barat/cinta-ditolak-basirompak-bertindak/
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010583026/saluang-sirompak-kesenian-minang-nan-dakek-jo-unsur-mistis/
0 Response to "Saluang Sirompak ( Cinta Ditolak Sirompak Bertindak )"
Post a Comment